Jumat, 19 Oktober 2012

Banjir Likuiditas, Menkeu Peringatkan Investor RI Hati-Hati Berutang

JAKARTA - Pemerintah mengingatkan pengusaha dalam negeri berhati-hati dalam membuat utang. Hal ini karena setelah peringkat sovereign credit rating Republik Indonesia naik menjadi BBB-, Indonesia akan kebanjiran dana (likuiditas).

Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan, Indonesia mempunyai investasi khususnya portofolio atau FDI (investasi langsung) yang cenderung meningkat. Bagi investor dalam negeri, kenaikan rating akan membuat mereka lebih mudah dalam menghimpun dana.


"Namun tetap, pada swasta di Indonesia, kami minta berhati-hati dalam meminjam karena di dunia sedang cukup banyak likuiditas dan cukup banyak mengalir ke Indonesia," ujar Menteri Keuangan Agus Martowardojo usai Rapat Komisi XI DPR RI, Jakarta, Kamis (18/10/2012) malam.

Agus mengatakan, di Indonesia pelaku usaha baik swasta maupun BUMN harus mampu mengelola likuiditas dengan baik karena setiap saat bisa terjadi sudden reversal (penarikan dana) besar-besaran. "Maka dari itu kita musti bisa menjaga kesehatan institusi kita," ujarnya.

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) menyebut, lembaga pemeringkat Rating and Investment Information, Inc. (R&I) menaikkan Sovereign Credit Rating Republik Indonesia menjadi BBB- (stable outlook). Itu berarti, kenaikan peringkat ini adalah yang ketiga setelah Fitch dan Moodys.

R&I memiliki beberapa pertimbangan dalam menentukan kenaikan rating ini seperti kuatnya pertumbuhan ekonomi RI di tengah resesi global. Serta pengelolaan fiskal yang konservatif, utang pemerintah yang rendah dan sistem keuangan yang semakin stabil.

Selain itu, penurunan angka pengangguran yang diiringi peningkatan pendapatan perkapita, inflasi yang terjaga dan suku bunga yang relatif rendah juga telah mendorong peningkatan private consumption (konsumsi domestik) yang menjadi penyumbang utama pertumbuhan.

"Selain itu kepercayaan yang lebih besar terhadap ekonomi Indonesia berdampak pada peningkatan foreign investment dan perbaikan iklim investasi yang berkelanjutan dengan dukungan kestabilan politik," jelas R&I. (gna)

(rhs)     Fakhri Rezy - Okezone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...