Minggu, 11 November 2012

Sepi Peminat, Suzuki Mobil Bangkrut di AS

Logo Suzuki (blog.autoworld.com.my)

Suzuki hanya bertahan selama tiga dekade negara adidaya itu.Sandy Adam Mahaputra


VIVAnews - Pabrik mobil asal Jepang, Suzuki, harus menelan pil pahit lantaran mengalami kebangkrutan di negeri Paman Sam, Amerika Serikat.

Hari ini Selasa 6 November 2012, Suzuki akan menggunakan Chapter 11 atau pengajuan kebangkrutan oleh anak perusahaan AS di pengadilan federal California. Dengan begitu, Suzuki secara otomatis menutup bisnis mobil di AS.
Minim peminat ditambah lagi terus menguatnya nilai tuker Yen terhadap dollar Amerika, menjadi penyebab utamanya. Adapun faktor lainnya adalah Suzuki tidak memiliki varian yang variatif di AS. Alhasil, Suzuki hanya bertahan selama tiga dekade di negara adidaya itu.

Menurut situs otomotif Edmunds.com, Suzuki kalah jauh dibandingkan KIA Motor dan Nissan Motor, sebagai dua merek mobil yang paling sering diperbandingkan oleh konsumen di AS dengan Suzuki.

Diketahui, Suzuki hanya memiliki varian Kizashi dan Grand Vitara di AS. Setelah pengumuman kebangkrutan ini, American Suzuki Motor Corp hanya akan berfokus pada penjualan sepeda motor, All-Terrain Vehicle (ATV) dan juga perahu.

American Suzuki Motor Corp sebagai distributor tunggal Suzuki di Amerika Serikat, akan mengajukan permohonan pailit dengan utang mencapai US$346 juta, di mana sebanyak US$173 juta adalah utang kepada kelompok usaha Suzuki.

Cara Cepat Hamil

© VIVA.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...