Senin, 14 Januari 2013

Ini Dia 4 Gadget yang Bakal Ngetren Tahun Ini


International Consumer Electronic Show (CES)/abcnews.go.com

REPUBLIKA.CO.ID, LAS VEGAS -- Pameran elektronik terbesar di dunia baru saja digelar di Las Vegas, Amerika Serikat. Setidaknya 3.500 perusahaan memamerkan gadget mereka yang menyilaukan lebih dari 150 ribu pasang mata.
Tap, di antara ribuan barang yang dipamerkan, panitia International Consumer Electronic Show (CES) menunjuk empat gadget yang bakal menjadi tren tahun ini. Apa saja?


1. Sony 55 inch ultra high definition TV

Pengenalan TV HD dan layar datar telah menyingkirkan TV tabung ke dalam gudang. Pabrikan TV Asia Sony dan LG tahun lalu telah memperkenalkan TV 84 inci dengan resolusi empat kali lebih tinggi dari TV HD biasa. Mereka memberikan ketajaman yang menakjubkan namun ukurannya terlalu besar dan harga yang terlalu mahal, yaitu 20 ribu dolar AS atau setara dengan Rp 190 juta.

Untuk merangkul pasar yang lebih besar, Sony membuat versi kecil TV HD tersebut, yaitu berukuran 55 inci. Rencananya TV ini akan dijual awal musim semi. Sayangnya harga TV tersebut belum diumumkan. Tapi, yang jelas pasti akan lebih murah bila dibandingkan seri sebelumnya.

2. LG 55 inch OLED TV

Organic light emitting diodes (OLED) TV dibuat lebih tipis daripada TV LED biasa, namun lebih berwarna. Jenis layar ini sudah dipakai untuk layar smartphone karena untuk membuat layar OLED dalam ukuran besar sangatlah sulit.

Namun LG berhasil menciptakannya, menjadi sebuah TV ukuran 55 inci dengan layar OLED di Korea Selatan. TV hemat listrik ini dibanderol dengan harga 12 ribu dolar AS atau Rp 114 juta.

3. Pebble Watch

Pebble adalah arloji pintar yang dapat diprogram untuk melakukan berbagai hal, termasuk menampilkan pesan teks dari ponsel. Layar beresolusi tinggi dibuat digital sehingga displaynya bisa berganti sesuai keinginan.

Penemu Pebble Watch Eric Migicovski tidak menemukan pendanaan untuk membuat jam tersebut. Namun ia nekat memperkenalkan jam tersebut dan meminta orang untuk membeli jam tangan yang belum dibuat. Penggalangan dana tersebut menghasilkan uang yang cukup besar untuk merealisasikan ciptaannya. Pada International CES Migicovski mengatakan, 85 ribu Pebble siap dikapalkan bulan ini.

4. Creative Technology Ltd's Interactive Gesture Camera

Kamera yang dipromosikan oleh Intel ini menempel di komputer seperti webcam. Dengan lensa tunggal, kamera tersebut melihat dunia dalam bentuk 3D, menggunakan teknologi yang mirip seperti radar. Kamera 3D ini dijual dengan harga 150 dolar atau setara Rp 1,5 juta.

Redaktur: Setyanadivita Livikacansera
Reporter: Friska Yolandha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...