Senin, 03 Desember 2012

Investasi Emas Masih 'Seksi'

Emas Batangan (Ilustrasi)/AP Photo
REPUBLIKA.CO.ID, Jakarta -- Emas tampaknya masih menjadi instrumen investasi yang menarik dan seksi hingga akhir tahun ini. Head of Research and Analysis PT Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra, mengatakan momentum kenaikan harga emas kelihatannya masih terjaga.
Hal ini disebabkan adanya optimisme akan terselesaikannya masalah kebuntuan finansial Amerika (fiscal cliff). Optimisme tersebut terbentuk setelah adanya pembicaraan yang konstruktif antara para pemimpin Kongres dengan Presiden Obama. "Ini akan memberikan momentum positif pada harga emas," ujarnya.

Selain itu, menurut Ariston, emas akan semakin bersinar menyusul akan diadakannya pertemuan negara-negara Eropa pada Selasa besok. Pertemuan ini akan membahas masalah persetujuan pemberian dana talangan (bailout) Yunani. "Bila disetujui, ini akan menambah sentimen positif bagi pergerakan harga emas," katanya.
Pada perdagangan dua minggu lalu, harga emas melambung tinggi hampir 20 dolar AS per troy ons di tengah optimisme penyelesaian "fiscal cliff". Ini sekaligus menurunkan daya pikat dolar sebagai "safe haven" atau aset yang aman. Keadaan ini juga sekaligus meningkatkan permintaan terhadap aset-aset berisiko.

Emas untuk pengiriman Desember 2012 menanjak 19,70 dolar AS (1,2 persen) menjadi 1.734,40 dolar AS per troy ons di Comex, divisi dari New York Mercantile Exchange. Harga emas sempat menyentuh level tertinggi di 1.735,50 dolar AS per troy ons yang merupakan level penutupan tertinggi sejak 18 Oktober. Sementara pada akhir pekan lalu, emas ditutup naik kurang dari 1 dolar AS per troy ons.


Redaktur: Fitria Andayani
Sumber: Antara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...