Selasa, 30 Oktober 2012

Menkumham: Rp700 Miliar untuk Bangun Lapas

Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin (Antara/ Nwa Kanu)

Kemenkumham rayakan HUT yang ke 49. Bagaimana kinerja kementerian ini?

VIVAnews - Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin mengungkapkan 45 lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan sudah dibangun. Dari jumlah itu, 10 sudah beroperasi.
"Dan kemudian sudah bisa diisi 1.805 narapidana," kata Amir di kantornya, Selasa 30 Oktober 2012. Hal ini menjawab persoalan over capacity penghuni lapas dan rutan yang ada di Indonesia, selama ini.

Pemerintah telah menggelontorkan dana sebesar Rp700 miliar kepada lembaga pimpinannya untuk membangun lapas dan rutan. Secara bertahap, pembangunan lapas ini sudah dimulai sejak 2011. "Jadi, policy yang dilakukan Kemenkumham adalah tidak menunggu 100 persen. Itu dioperasionalkan dengan menggunakan anggaran sendiri. Kami manfaatkan dan maksimalkan anggaran dan SDM yang ada."

HUT Kemenkumham
Kementerian Hukum dan HAM memperingati hari ulang tahunnya ke-49 tahun. Terkait HUT ini, Menteri Amir mengaku, seluruh jajaran di Kemenkum HAM sudah bekerja maksimal.

"Tetapi tidak pada tempatnya kemudian saya menilai sendiri keberhasilan saya. Saya serahkan kepada publik yang menilai," kata Amir usai Peringatan Hari Dharma Karyadhika Kementerian Hukum dan HAM ke-49.

Menurut Amir, kinerja Kemenkum HAM selama ini sudah dilaporkan ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan. Namun, belum bisa dipublikasikan kepada publik.

"Apa yang kami lakukan sejauh ini telah dilaporkan dengan baik oleh Pak Menko. Tapi memang belum saatnya untuk dipublikasikan karena kami masih diberi waktu satu bulan lagi untuk bisa menyempurnakan laporan selama 12 bulan itu," kata dia. (sj)

© VIVA.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...